Minggu, Juni 16, 2024

Langkah Petani Tangsel Kembangkan Kawasan Pertanian Terpadu

POSRAKYAT.ID – Indrawan pembina Kelompok Tani (Poktan) Rawa Macek City (RMC) Kota Tangsel menyebut, 60 hingga 70 persen lahan Kawasan Pertanian Terpadu (KPT), diharapkan dapat ditanami sembilan komoditas pertanian.

“Rencananya kita mau bikin sembilan komoditas. Sayuran dan buah. Mudah-mudahan, sampai akhir tahun sudah terlaksana. Mudah-mudahan 60 sampai 70 persen dapat dimanfaatkan,” ungkap Indrawan kepada posrakyat.id, Kamis 27 Oktober 2022.

Nanti ada wortel, kangkung, bayam, tomat, cabai, terong, pakcoy, sawi, daun bawang, kemangi, seledri, labu. Sembilan komoditas, itu rencana kami untuk pemanfaatan lahan di KPT,” ujarnya lagi.

Menghadapi cuaca buruk seperti saat ini, Indrawan menjelaskan, pihaknya sudah antisipasi pemaksimalan sistem pengairan dan penyiramannya.

Baca Juga :  Puluhan Pelanggar Perda KTR di Tangsel Disanksi 70 Ribu

“Yang terpenting, tanaman itu tidak terendam. Apalagi, intensitas hujan cukup tinggi belakangan ini. Jadi memang tanah, kita tinggikan,” jelasnya.

Indrawan berharap, KPT Tangsel ke depan dapat dijadikan lokasi agrowisata. Menurutnya, dengan pemanfaatan lahan dan pemaksimalannya, KPT dapat difungsikan sebagai lokasi wisata edukasi, dan farm market.

“Kita rencananya, Sabtu dan Minggu mengadakan farm market. Jadi yang ke Tandong Ciater, itu nanti kita kasih brosur. Kita kasih tau, bahwa di KPT ada agrowisata. Selain itu, kita mau kembangkan melalui media sosial juga,” tuturnya.

Terpisah, Fauzi salah seorang petani mengaku, saat ini harus bergelut dengan jamur dan rayap.

“Yang dihadapi saat ini itu jamur dan rayap. Banyak yang menyerang tanaman cabai di Kawasan Pertanian Terpadu. Kita antisipasi dengan peningkatan media tanahnya, dan obat,” kata Fauzi.

Baca Juga :  Madrasah, Lembaga Pendidikan Berbasis Agama Juga Melek Teknologi

Ozi sapaan akrabnya, saat ini tanaman cabainya sudah memasuki pertengahan masa panen. Sedikitnya 3000 pohon, sudah ditanam di KPT Tangerang Selatan (Tangsel) itu.

“Ada kurang lebihnya 3000 lubang yang sudah ditanami. Ini masuk pertengahan masa panen. Panen pertama ini, kurang lebih 300 gram per pohonnya yah,” tegasnya.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer