Minggu, Juni 16, 2024

Panen Perdana, KPT Akan Dimaksimalkan Jadi Tempat Edukasi Pertanian

POSRAKYAT.ID – Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Yepi Suherman mengatakan, Kawasan Pertanian Terpadu (KPT), akan ditata dan dimaksimalkan sebagai lokasi wisata edukasi pertanian.

Dalam panen cabai perdana, Yepi menyebut, ke depan pihaknya akan mengembangkan berbagai komoditas pertanian, perikanan, juga peternakan di lokasi KPT tersebut.

“Sesuai dengan judulnya KPT, ke depan kita akan kembangkan berbagai jenis komoditas pertanian, mulai dari holti, perikanan juga peternakan, dan buah,” kata Yepi, Senin 6 Februari 2023.

Dalam hal pengembangannya sebagai lokasi wisata edukasi pertanian, tegas Yepi, pihaknya akan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud).

“Nanti disini (KPT) akan tertata blok-bloknya, mana tanamannya, mana nanti perikanannya. Rencana kami akan kita kembangkan kolam air deras, untuk ikan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Bantuan Kerawanan Disalurkan, Wujud Pemkot Tangsel Stabilitasikan Inflasi

Nanti kalau sudah tertata, kita akan buat untuk edukasi, yang nantinya kita akan kerjasama dengan dinas pendidikan (Dindikbud). Kita ajak anak-anak mengenal bagaimana tanam cabai, bagaimana nanam kangkung,” tambahnya.

Meski bukan daerah persawahan, sambung Yepi, KPT akan menjadi salah satu lokasi percontohan penanaman padi.

“Walaupun Tangsel bukan daerah persawahan, tapi saya nanti akan bikin satu hamparan untuk tanam padi. Jadi nanti anak sekolah juga tau, bagaimana menanam padi. Nanti jadi agrowisata, atau wisata edukasi pertanian,” tuturnya.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer