Birokrasi

Gerai Layanan AHU di Tangsel, Kemenkumham RI Beri Apresiasi

POSRAKYAT.ID – Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) pada Kemenkumham RI, Widodo menyatakan, dengan hadirnya gerai AHU di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Tangsel, pihaknya mendukung layanan hukum kepada masyarakat, khususnya di Kota Tangsel.

“Inilah bentuk sinergi nyata antara pemerintah pusat dan juga pemerintah daerah, demi menyelenggarakan layanan publik yang berkualitas, dan menjangkau seluruh lapisan masyarakat,” kata Widodo, Rabu 6 Agustus 2025.

Menurutnya, layanan administrasi hukum bagi masyarakat, menjadi nyata bagi masyarakat. “Pelayanan yang tidak henti di ruang digital, tetapi juga menghadirkan semangat baru. Kita ingin membangun negara yang bukan hanya kuat di atas kertas regulasi saja,” jelasnya.

Di lokasi yang sama, Plt. Kepala Biro Hukum Provinsi Banten, Hadi Prawoto mengungkapkan, layanan hukum yang terdapat di MPP Kota Tangsel tersebut, sangat penting bagi kepastian investasi dan perekonomian di Kota Tangsel.

“Layanan AHU berperan sebagai pilar utama dalam menciptakan ekosistem hukum yang mendukung aktivitas ekonomi masyarakat. Saya menaruh perhatian besar, terhadap bagaimana layanan AHU dapat secara optimal, khususnya dalam mendukung pelaku usaha lokal,” papar Hadi.

Mendorong kemudahan berusaha dan menciptakan iklim investasi yang kompetitif di Provinsi Banten. Melalui sistem layanan AHU, pemerintah telah memfasilitasi kemudahan pendaftaran badan hukum,” tambahnya.

Dengan adanya layanan AHU, Pemerintah juga memperkuat legalitas para pelaku usaha. “Tidak hanya memperkuat posisi hukum pelaku usaha, tetapi juga membuka akses mereka terhadap pembiayaan, kemitraan dan peluang besar yang lebih luas,” tukas Hadi.

Senada, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menuturkan, kolaborasi antara Kemenkumham RI, dan Pemerintah Daerah itu, dapat menghadirkan birokrasi yang responsif kepada masyarakat.

“Menjadi langkah nyata menuju birokrasi yang semakin adaptif, transparan dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Sebagai wujud nyata dari komitmen Pemerintah Kota, dalam menghadirkan pelayanan publik yang terintegrasi, efisien dan ramah bagi masyarakat,” ungkap Benyamin.

Dion Prasetyo

Recent Posts

Anggaran ‘Ganti Trotoar’ 7 Miliar di Ciater Tangsel Disoal

POSRAKYAT.ID – Belasan massa aksi yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Hukum Tangerang Selatan (Permahuta), melakukan…

3 jam ago

Pemkot Tangsel Benahi TPA Cipeucang, Penuhi Sanksi Kementerian LH

POSRAKYAT.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel kini tengah melakukan berbagai pembenahan di TPA Cipeucang, guna…

17 jam ago

Wali Kota Tangerang Selatan: Realisasi Belanja Capai 50 Persen

POSRAKYAT.ID - Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengungkapkan, hingga September 2025, realisasi dan serapan…

22 jam ago

Pasca Peralihan Pelanggan, Perumda Tirta Benteng Buka Posko Pengaduan

POSRAKYAT.ID - Direktur Umum Perumda Tirta Benteng, Tommy Herdiansyah mengaku, pihaknya telah membuka beberapa posko…

24 jam ago

Teken Kontrak, Investasi Kerja Sama PITS dan Palyja Capai 3,6 Triliun

POSRAKYAT.ID – Direktur Utama Perseroda PITS, Tubagus Hendra Suherman mengungkapkan, dalam penandatanganan kerja sama dengan…

2 hari ago

Lantik P3K Tahap 2, Wali Kota Tangsel: Jaga Sikap, Jaga Moral

POSRAKYAT.ID – Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengingatkan, agar para Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja…

2 hari ago

This website uses cookies.