Sabtu, Juni 22, 2024

Program Prioritas, Diskominfo: Satu Data Jawa Timur

POSRAKYAT.ID – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan studi dari Departemen Hubungan Eksternal dan Komunikasi Hima Politik FISIP Universitas Brawijaya (UB). 

Sekretaris Dinas Kominfo Jatim, Edi Supaji menyambut baik kedatangan para mahasiswa ini.

“Kita patut bersyukur bisa berkumpul untuk sharing kebijakan Pemprov Jatim dalam keadaan sehat,” kata Edi, ditulis Selasa 15 November 2022.

Pandemi Covid-19 belum berakhir, mari tetap berhati-hati menjaga kesehatan. Kita juga harus mendukung, mendoakan supaya kegiatan G20 di Indonesia bisa berjalan lancar,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Bidang Aplikasi Informatika pada Diskominfo Achmad Fadlil Chusni, yang menjadi narasumber menerangkan bahwa, program prioritas Diskominfo Jatim adalah pengembangan Satu Data Jawa Timur.

Baca Juga :  Kasatpol PP Paparkan Hubungan Ulama dan Prostitusi di Tangsel

Program prioritas itu, berbasis konsep integrasi antar perangkat daerah dan penerapan big data berbasis kecerdasan buatan. 

“Hal ini sejalan dengan visi Presiden RI Joko Widodo untuk membawa Indonesia dalam menghadapi tantangan fenomena global yang dinamis, cepat, kompleks, berisiko, dan penuh kejutan,” kata Fadlil. 

Selain itu, Pemprov Jatim juga terus berupaya meningkatkan bargaining power dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Apalagi, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian di Jawa Timur yang juga terbukti memiliki resiliensi ketika menghadapi goncangan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19. 

“Kita sasar persoalan financial technology UMKM. Ada Milenial Job Center, juga yang bisa mendampingi UMKM untuk belajar digital marketing. Itu semua kita sinergikan dengan semua pihak, termasuk akademisi,” terang Fadlil. 

Baca Juga :  BPS Jatim: Penggunaan Alat KB di Pedesaan Lebih Tinggi

Ia pun menjelaskan beberapa program dan kebijakan lainnya seperti Jatim IT Creative (JITC), Komite Komunikasi Digital, Inovasi Klinik Bumdes, Dashboard Produk Unggulan Jatim, Ngopilaborasi, pembangunan jaringan backbone, dan lain-lain.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer