Minggu, Juni 16, 2024

Puan Ingatkan Agar Revisi Perpres Soal BBM Subsidi Tak Rugikan Masyarakat

POS RAKYAT – Ketua DPR RI Puan Maharani mengingatkan agar revisi Peraturan Presiden (Perpres) soal bahan bakar minyak (BBM) subsidi tak rugikan masyarakat, terutama masyarakat kalangan menengah ke bawah.

Puan menyebut, revisi terhadap Perpres nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak, betul-betul dikaji secara matang, agar lebih tepat sasaran.

“Aturan mengenai Pertalite dan Solar bersubsidi yang sedang disusun Pemerintah harus menjamin bahwa subsidi BBM diberikan secara tepat sasaran,” kata Puan, dikutip dari website resmi DPR RI, ditulis Sabtu 30 Juli 2022.

Revisi aturan itu akan berisi kriteria kendaraan yang nantinya dilarang menggunakan Pertalite dan Solar bersubsidi. 

Baca Juga :  TPS3R di Kota Tangsel Mandek

“Pemberian subsidi di tengah ancaman krisis global harus dilakukan secara cermat agar BBM bersubsidi tepat sasaran dan berdasarkan asas keadilan,” tegasnya.

DPR juga meminta kesadaran masyarakat menengah ke atas agar menggunakan BBM non-subsidi. Jika kendaraan yang masuk kategori mewah menggunakan BBM subsidi, itu artinya mereka telah mengambil hak masyarakat kelas menengah ke bawah.

“Tujuan dari subsidi adalah untuk menjamin kehidupan warga ekomoni menengah ke bawah. Jangan sampai subsidi BBM yang berasal dari APBN diberikan tidak tepat sasaran,” tegas Puan.

Politisi PDI Perjuangan ini pun mengimbau masyarakat menengah ke bawah untuk segera mendaftarkan kendaraannya. Dengan mendaftarkan kendaraan, kata Puan, masyarakat yang boleh mendapatkan BBM bersubsidi akan lebih terjamin dalam memperoleh haknya.

Baca Juga :  PKS Tolak Undang Undang IKN Masuk di Prolegnas 2023

“Kita berharap upaya yang dilakukan para stakeholder terkait ini dapat memastikan distribusi Pertalite dan Solar diberikan tepat sasaran. Tentunya DPR RI akan terus melakukan pengawasan baik dari sisi regulasi maupun penerapan di lapangan,” tutup Puan.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer