Rabu, Juni 12, 2024

Ke Kawasan Asia Timur, Presiden Jokowi Bawa Isu Kerja Sama Berbagai Bidang

POS RAKYAT – Menteri Luar Negeri (Menlu) periode kepemimpinan Jokowi Retno Marsudi menyampaikan bahwa beberapa isu global dan kerja sama di sejumlah bidang, dibawa Presiden Joko Widodo (Jokowi), saat bertolak ke kawasan Asia Timur.

Retno menyatakan, tiga negara seperti Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Jepang dan Korea, menjadi tujuan Jokowi bersama Ibu Negara, sebagai mitra strategis.

“Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20,” terang Retno, dikutip dari Setpres RI, Senin 25 Juli 2022.

Retno juga menjelaskan bahwa Presiden Jokowi akan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara tersebut untuk membahas sejumlah isu mulai dari isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang.

Baca Juga :  Usia 15 Tahun Tangsel, Airin Rachmi: Pemerintah Harus di Depan

“Berbagai isu dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia akan dibahas dengan para pemimpin ketiga negara tersebut,” ucap Menlu.

Dengan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), Presiden beserta rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, sekitar pukul 14.00 WIB.

Kepala Negara beserta Ibu Iriana akan menempuh penerbangan menuju Beijing Capital International Airport, RRT selama kurang lebih 7 jam dan diperkirakan tiba pada malam hari nanti.

Diketahui, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan Presiden.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer