Sabtu, Juni 22, 2024

Indeks Pembangunan Manusia di Tangsel Naik

POSRAKYAT.ID – Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Eki Herdiana mengungkapkan, indeks pembangunan manusia (IPM) naik di tahun 2022.

“Indeks Pembangunan Manusia di Kota Tangsel sendiri 81,95 lebih dari target sebesar 81,6,” kata Eki, ditulis Kamis 19 Januari 2023.

Eki menjelaskan, hal itu terungkap dari keberhasilan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kota Tangsel, dengan penilaian di beberapa indikator.

“Capaian RPJMD tahun 2022 sebesar 96,85 persen, termasuk tinggi. Jadi kita ada 285 indikator, 276 tinggi banget nilainya,” jelas Eki.

Meski tinggi di 276 indikator, Eki menuturkan ada beberapa hal yang masih menjadi bahan evaluasi, terhadap keberhasilan RPJMD di Kota Tangsel.

Baca Juga :  Warga Jatim Lebih Suka Disuntik KB

“Yang standar minimal itu (ada) empat indikator, lima indikator nilainya masih di bawah. Yang lima indikator itu, tidak terlalu krusial, tidak terkait langsung dengan masyarakat,” lanjut Eki.

Selain itu, dirinya menegaskan, salah satu keberhasilan lain dalam RPJMD tersebut adalah rendahnya angka kematian ibu hamil dan bayi.

“Angka kematian ibu per 100.000 kelahiran hidup. Target 32, Tangsel (angkanya) 29. Angka kematian bayi per 1000 kelahiran hidup. Target 1, angka Tangsel 0.3. lebih kecil lebih baik,” terang Eki.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer