Sabtu, Juni 22, 2024

Ungkap Penyebab Banjir, PSI Tangsel Minta Pemkot Patuhi RPJMD

POSRAKYAT.ID – Ketua DPC PSI Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Dondi Indrayana mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) harus fokus patuhi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Pasalnya, dalam RPJMD tertera beberapa program dalam mengatasi masalah kota, salah satunya banjir.

Dondi menjelaskan, dalam deskripsi visi RPJMD menciptakan infrastruktur yang terkoneksi dan kota lestari, para pemangku harus fokus terhadap ketersediaan drainase yang baik dari hulu, hingga hilir.

“Mematuhi RPJMD. Pada visi ketiga, disitu ada deskripsi tentang strateginya. Yakni, ada penanganan terintegrasi dan juga penanganan drainase dari hulu ke hilir,” kata Dondi, Rabu 18 Januari 2023.

Menurut Dondi, beberapa hal penyebab terjadinya banjir, Pemkot Tangsel jangan melulu menyalahkan faktor alam, dan curah hujan yang tinggi.

Baca Juga :  Sambal Pecel UMKM Binaan DJBC Banten Tembus Pasar Internasional

“Curah hujan tinggi, tapi ini kan tidak bisa diprediksi dan ini peristiwa alam. Kita yang harus siap. Drainase yang tidak mampu menampung air saat hujan, harus jadi prioritas” tegas Dondi.

Pendangkalan air sungai, budaya buang sampah di saluran got dan sungai. Tidak adanya program yang terintegrasi dari pemerintah, dan pengawasan serta fungsi kontrol DPRD yang lemah. Menjadi penyebab masalah banjir,” jelasnya lagi.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer