Birokrasi

BPN Tangsel Berikan Reward Buat Masyarakat dan Pegawai

POS RAKYAT – Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) wilayah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Harison Mocodompis menyebut, peningkatan pelayanan di tubuh BPN Tangsel terus ditingkatkan, sebagai reward bagi masyarakat dan pegawainya.

Bagaimana tidak, guna mengurangi antrean di loket, kata Harison, pihaknya membuat platform, sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Tak hanya itu, imbuhnya, guna mengaplikasikan amanat Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN (ATR/BPN), pihaknya membuka layanan pada akhir pekan, mulai pukul 08.00 hingga 12.00 wib.

“Sabtu dan Minggu membuka layanan dari 08.00 sampe 12.00 wib. Bahkan kemudahan pelayanan ini, ada di Mal Pelayanan Publik (MPP), di Cilenggang MPP, Senin sampai Jumat, jam 08.00 sampe 14.00 wib. Untuk pelayanan akhir pekan, diperuntukan pemohon langsung,” tegas Harison.

Sabtu kemarin ada 40 pemohon datang ke BPN. Sabtu banyak yang datang, karena Senin sampai Jumat, masyarakat rata-rata bekerja. Untuk antrean, dahulu ramai banget seperti pasar. Sehingga kita membuat platform yang awalnya untuk aduan awalnya, dikembangkan ada layanan pesanan nomor antrean,” tambahnya.

Harison memastikan, dengan adanya aplikasi tersebut, antrean di Kantor BPN Kota Tangsel semakin membaik. Bahkan, tambahnya, saat ini pihaknya tengah mengembangkan platform tersebut, untuk mentrace berkas, berbasis kodefikasi.

“Masih mau dikembangkan lagi. Jadi nanti masyarakat datang, tinggal ambil berkasnya, sudah ada kodefikasi,” ungkapnya.

Selain peningkatan pelayanan berbasis sistem, pihaknya setiap hari menugaskan seorang ‘perwira’, yang terdiri dari Kepala Seksi (Kasi) dan Kepala Sub Seksi (Kasubsi), untuk mengawasi pelayanan di setiap loket, dan antrean.

“Kita juga setiap hari ada perwira, satu petugas yang akan mengawasi dan melayani masyarakat yang datang. Jadi nanti diarahkan ke petugas. Perwira ini, merupakan Kasi atau Kasubsi. Mereka akan memastikan, petugas melaksanakan tugasnya secara maksimal. Kalau ada kekurangan, sebagai bahan evaluasi untuk perbaikan,” paparnya.

Harison menerangkan, dalam peningkatan pelayanan, pemberian reward tak hanya kepada masyarakat, namun kepada petugas yang ada di Kantor BPN Tangsel.

“Kita ada namanya employee of the month. Untuk yang Pegawai Negeri Sipil (PNS) pasti kita promosikan, tapi untuk yang pegawai pemerintah non pegawai negeri (PPNPN) itu kita sekolahkan,” tandasnya.

Ari Kristianto

Recent Posts

Serapan Belanja Rendah, Kontraktor di Tangsel Jadi Biang Kerok?

POSRAKYAT.ID - Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie mengaku, hingga triwulan empat tahun anggaran 2025, realisasi…

1 hari ago

Singgung Makna Perjuangan, Gus Ipul: Kepentingan Negara, Bukan Kelompok

POSRAKYAT.ID - Menteri Sosial RI, Syaifullah Yusuf mengunjungi Monumen Lengkong, di Kota Tangerang Selatan. Kunjungan…

5 hari ago

Ke TMP Taruna Kota Tangerang, Mensos RI Singgung Sekolah Rakyat

POSRAKYAT.ID - Menteri Sosial (Mensos) RI Syaifullah Yusuf menegaskan, guna meningkatkan kualitas sekolah rakyat di…

5 hari ago

Munas III Serikat Pekerja, Menaker: W<span;>ujudkan Hubungan Industrial yang Harmonis dan Transformatif

POSRAKYAT.ID - Menteri Tenaga Kerja (Menaker) RI, Yassierli menyatakan, dalam rangka menghadapi berbagai tantangan di…

5 hari ago

Operasi Gurita Wujud Implementasi Asta Cita Presiden Prabowo

POSRAKYAT.ID - Kepala Kanwil DJBC Provinsi Banten, Ambang Priyonggo mengungkapkan, penegakan hukum di bidang bea…

6 hari ago

Kolaborasi Jaga Penerimaan Negara, Miliaran BKC Ilegal Dimusnahkan

POSRAKYAT.ID  — Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) DJBC Provinsi Banten, Ambang Priyonggo menegaskan, hasil kolaborasi dalam…

6 hari ago

This website uses cookies.