Rabu, Juni 12, 2024

Perlu Regulasi Untuk ‘Menganggurkan’ Tangerang Selatan

POSRAKYAT.ID – Ketua Komunitas Anggur Tangerang Selatan (KAT) Roy Nurdin menyebut, perlu adanya political will, dalam membuat kebijakan dan regulasi, guna mendukung gerakan ‘Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai Kota Anggur’.

“Itu (political will) perlu. Karena, para penggiat dan komunitas ini, peelu didukung oleh adanya regulasi pemerintah. Entah bentuknya Peraturan Daerah (Perda), atau Peraturan Wali Kota (Perwal),” kata Roy, ditulis Senin 20 Februari 2023.

Regulasi tersebut, tambahnya, sebagai bentuk implementasi terwujudnya Tangsel lestari. 

“Kegiatan ini kan salah satu kebijakan Pemerintah soal Tangsel Lestari. Dukungan pemerintah, kami rasa belum maksimal, karena masih banyak yang kita kerjakan secara sendiri, mandiri,” tegas Roy.

Menurut Roy, dengan adanya regulasi tersebut, pembibitan dan penanaman anggur, dapat dilakukan secara masif.

Baca Juga :  Drainase Buruk, Gerindra Tangsel Soroti Anggaran 130 Miliar

“Memang harus ada peraturan, karena selama ini kami tidak ada peraturan-peraturan dari Pemerintah Kota (Pemkot),” ungkap Roy.

Misalnya, kalau ada regulasi yang memang mewajibkan setiap fasilitas sosial, atau di infrastruktur pemerintah untuk ditanami anggur, kan anggur jadi masif, dan lebih maksimal peranannya dalam mewujudkan Tangsel Lestari,” ujarnya.

Dukungan Mewujudkan Tangsel Kota Anggur

Senada, Lista Hurustati yang didaulat menjadi Ibu Anggur Tangsel menyatakan, dalam menciptakan branding sebuah kota, pemerintah wajib terlibat, dan memberikan dukungan.

Anggur yang digadang-gadang akan menjadi icon Kota Tangsel, perlu keterlibatan seluruh stake holder, baik pemerintah, maupun masyarakat.

“Kalau ingin menciptakan Tangsel sebagai Kota Anggur, perlu adanya gerakan dari komunitas, yang didukung oleh dinas. Perlu regulasi dan kebijakan,” ucap Lista.

Baca Juga :  Wali Kota Tangsel Tanggapi Sistem Pemilu 2024

Sebuah peraturan, lanjutnya, harus mengedepankan kebermanfaatan kepada masyarakat. Anggur, bisa menjadi branding bagi Kota Tangsel, asal seluruh pihak terlibat didalamnya.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer