Sabtu, Juni 22, 2024

2023, Kemenag Buka Jalur Internasional Untuk SNPDB MAN IC

POSRAKYAT.ID – Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong Abdul Basit menyatakan, sekolah unggulan di bawah Kementerian Agama (Kemenag) tersebut, mulai membuka jalur Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) bagi siswa internasional.

Basit sapaan akrabnya menyebut, saat ini MAN IC masih menunggu revisi soal penerimaan jalur internasional tersebut.

“Yang berbeda di 2023 ini, kita menerima siswa dari jalur internasional. Tapi, kami masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) yang sedang direvisi. Tapi, jalur tersebut memang baru dibuka di tahun 2023 ini,” kata Basit, Senin 9 Januari 2023.

Pihaknya menyebut, beberapa Juknis yang membedakan dengan SNPDB tahun sebelumnya antara lain, tidak adanya penjurusan bagi siswa kelas 10.

Baca Juga :  Kunjungi Medan, Dede Yusuf Bicara Program dan Anggaran Universitas

“Kalau tahun lalu, atau tahun-tahun sebelumnya, pada saat siswa mendaftarkan itu langsung ada penjurusan ke IPA atau IPS. Tahun ini, tidak ada,” tegas Basit.

Karena sekarang pakai Kurikulum Merdeka, jadi tidak ada penjurusan di Kelas 10. Yang terpenting adalah masyarakat wajib memenuhi standar pendaftaran, salah satunya adalah surat rekomendasi dari sekolah asal, yang cukup dibuat satu saja,” tambahnya.

Basit menerangkan, SNPDB tahun 2023, MAN IC membuka seluas-luasnya bagi siswa/i di dalam provinsi.

Secara keseluruhan, siswa/i di dalam provinsi mendapatkan kuota lebih besar, dibanding dengan luar provinsi.

“Contoh, kalau sekolah itu rombongan belajar (Rombel)nya lebih dari 5, maka sekolah itu bisa mendaftarkan 15 siswa/inya, kalau kurang dari 5 (Rombel), sekolah bisa mendaftarkan 10 siswa,” jelas Basit.

Baca Juga :  Enam Pejabat Tinggi di Tangsel Hadapi Purna Bakti

Berbeda dengan luar provinsi. Kalau kurang dari 5 Rombel, sekolah hanya bisa mendaftarkan 5 siswa. Kalau Rombelnya lebih dari 5, maka hanya bisa 10 siswa yang didaftarkan,” sambungnya.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer