Minggu, Juni 23, 2024

Galian Sumur yang Keluarkan Gas Ditutup BPBD Kabupaten Tangerang

POSRAKYAT.ID – Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tangerang Abdul Munir menyebut, galian sumur yang keluarkan gas dan minyak telah ditutup.

Galian sumur yang terletak di wilayah Kampung Kebon Kelapa, Pekayon, Kabupaten Tangerang itu, telah ditutup warga menggunakan split dan pasir.

“Betul tadi kita pastikan sumur yang diduga mengandung gas dan minyak, sudah ditutup oleh warga menggunakan batu split dan pasir sehingga air dalam sumur tidak keluar lagi,” kata Munir, ditulis Selasa 18 Oktober 2022.

Munir menjelaskan kronologis ditemukannya galian sumur yang mengeluarkan gas dan minyak tersebut.

Awalnya, sambung Munir, warga mencari sumber air bersih dengan mengebor tanah  di kedalaman 8 meter.

Baca Juga :  Isu Krusial Perubahan Badan Hukum PITS Versi Partai Demokrat

Namun, tambahnya, air yang keluar keruh dan kotor sehingga ditambah ke kedalaman 10 meter.

“Pada saat penambahan kedalaman, tiba-tiba sumber air tidak terkendali keluar dari dalam lubang pengeboran disertai bau gas yang menyengat, serta minyak yang menyembur sampai 1 meter,” ungkap Munir.

“Tadi juga kami arahkan agar sumur tersebut ditutup secara permanen menggunakan semen dan mengarahkan pengeboran air di tempat yang lain,” tambahnya.

Atas kejadian tersebut, warga khawatir lumpur yang keluar seperti fenomena lumpur di Jawa Timur. Karena itu, sumur tersebut langsung ditutup.

“Terkait persoalan galian tersebut, kami juga sudah berkordinasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tangerang,” tandasnya.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer