Minggu, Juni 16, 2024

Mabes Polri Temukan 25 Hektare Ladang Ganja di Aceh

POS RAKYAT -Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) pada Bareskrim Polri Brigjen Pol Krisno Halomoan menyebut, pihaknya berhasil mengungkap 25 hektare ladang ganja di Kabupaten Aceh.

Dengan lokasi yang berbeda-beda, sedikitnya sembilan titik ladang ganja, dengan luasan 3-4 hektare per titik, ditemukan hasil pengembangan dari penangkapan tersangka pengedar ganja jaringan Aceh, Lampung hingga Jakarta.

“(Pengembangan) Dari bulan Juli sampai Agustus 2022. Kemudian dilakukan pengembangan terhadap empat kasus tersebut dan berhasil ditemukan sembilan titik lokasi ladang ganja,” kata Krisno, dikutip dari PMJNews, Kamis 18 Agustus 2022.

Temuan ini merupakan tindak lanjut pengungkapan empat kasus peredaran ganja.

“Sumber daripada barang bukti yang disita petugas,” jelas Krisno lagi.

Baca Juga :  Satresnarkoba Polres Cilegon Tangkap Residivis Pengedar Sabu

Krisno mengungkapkan, ladang ganja berada di wilayah Desa Lamteuba, Kecamatan Seulimeum, Kabupaten Aceh Besar.

“Kemudian dimusnahkan oleh tim gabungan Dittipidnarkoba Mabes Polri, Polda Aceh, dan Ditjen Bea-Cukai dengan cara dicabut dan dibakar,” sebutnya.

Menurut Krisno, pengungkapan kasus peredaran ganja tersebut di antaranya Jalan Pelabuhan Bakauheni, Kompleks Taman Buaran Indah 4.

Lampung Selatan, lanjutnya, Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur; area pintu masuk Pelabuhan Bakauheni dan Jalan Raya Sukarno Hatta, Desa Lam Ara, Banda Raya, dan Kota Banda Aceh.

“Modus operandi menggunakan jasa kurir untuk mengirim dan atau mengedarkan narkotika jenis ganja melalui jalur darat dari Aceh dengan tujuan Jakarta dan Jawa Barat,” ungkapnya.

Baca Juga :  Rugikan Puluhan Juta, Tersangka Jastip Tiket NCT Dream Ditangkap

Lebih lanjut Krisno menuturkan, dalam kasus ini ada 13 tersangka yang ditangkap antara lain DS, SY, EF, RA, DA, IH, CT, KF, AF, MS, JA, AI, dan SS.

Sementara masih ada satu pelaku DPO berinisial H alias IK.

“Barang bukti ganja seberat 269,756 gram atau 270 kilogram,” tandas Krisno.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
SUMBERPMJNews
RELATED ARTICLES

Populer