Rabu, Juni 12, 2024

Gelar Literasi, Kepdes di Kabupaten Tangerang Diharap Jadi Mitra Strategis Wartawan

POS RAKYAT – Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin mengatakan, tujuan literasi media yang digelar ke kepala-kepala desa (Kepdes), agar aparatur desa di wilayah Kabupaten Tangerang dapat menjadi mitra strategis bagi insan wartawan.

“Peran kepala desa sangat penting sebagai figur seorang pemimpin, sehingga perlu memahami dasar-dasar jurnalistik. Harapannya setelah mengikuti literasi media ini, mampu menjadi mitra strategis bagi kami sebagai insan pers,” kata Sangki, ditulis Selasa 9 Agustus 2022.

Kegiatan literasi media Kepdes yang kali ini difokuskan di wilayah II yakni Kecamatan Teluknaga, Kosambi, Sukadiri, Pakuhaji, Sepatan dan Sepatan Timur itu, imbuh Sangki, diharapkan juga dapat memberikan pengetahuan kejurnalistikan kepada para Kepdes.

“Kegiatan ini digelar agar para kepala desa dan camat memahami pengetahuan dasar jurnalistik, sehingga menjadi mitra yang baik bagi kalangan pers, terutama menjadi narasumber yang mumpuni,” tegasnya.

Baca Juga :  Permatuka Tuding Adanya Jual Beli Paket Pekerjaan di Tangsel

Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan materi tugas dan peran wartawan, organisasi profesi wartawan, regulasi pers, kode etik jurnalistik, sengketa pemberitaan, dan tips menjadi narasumber yang baik.

“Kegiatan ini juga sebagai rintisan menjalin kemitraan dengan berbagai pihak, karena salah satu peran organisasi PWI adalah terus menyebar kebaikan dengan berbagi pengetahuan seputar jurnalistik,” tutur Sangki.

Apresiasi serupa disampaikan juga Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Tangerang Maskota. Maskota mengaku, bahwa kepdes perlu diberikan wawasan dalam menyampaikan informasi soal kegiatan-kegiatan yang terjadi di masyarakat.

“Sehingga dengan pembekalan pengetahuan jurnalistik, para kepala desa semakin memahami tugas dan fungsi wartawan, juga memahami hak dan kewajiban sebagai narasumber,” ungkapnya.

Baca Juga :  74 Bacaleg Terdaftar, PSI Banten Dongkrak Satu Fraksi di Parlemen

Maskota juga berharap, kegiatan Literasi Media ini bisa segera terealisasi di wilayah lainnya di Kabupaten Tangerang.

“Kami akan terus mendukung kegiatan PWI Kabupaten Tangerang karena sangat bernilai positif dalam meningkatkan kualitas SDM para kepala desa. Kami sangat berterimakasih atas kemitraan yang strategis ini,” pungkasnya.

Diketahui, hadir dalam kegiatan tersebut, para Camat dan perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Kabupaten Tangerang. Sementara dari unsur PWI, wartawan senior yang juga dewan penasihat PWI Kabupaten Tangerang Jaya Kurnia, dan mantan Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sahatma Refindo.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer