Rabu, Juni 12, 2024

Gadget Jadi Salah Satu Penyebab Kelelahan Saat Bangun Tidur

POS RAKYAT – Dilansir dari PMJNews, gadget menjadi salah satu faktor penyebab kelelahan saat bangun tidur di pagi hari. Paparan blue light yang dihasilkan oleh komputer, gadget dan televisi dapat menghambat pelepasan melatonin dan menunda onset tidur, seperti yang dijelaskan Ahli tidur Dr Peter Polos.

“Menggunakan komputer, tablet, ponsel, dan TV yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menghambat pelepasan melatonin dan menunda onset tidur, jadi sebaiknya matikan satu jam sebelum tidur untuk menghindari paparan ekstra,” kata Dr Peter Polos.

Dia menambahkan, individu tidur paling nyenyak di ruangan yang gelap dan sejuk, antara 67 hingga 69 derajat fahrenheit atau 19-20 derajat celcius.

Selain paparan perangkat elektronik seperti yang dijelaskan di atas, kafein juga bisa memblokir kimia pengontrol tidur di otak.

Baca Juga :  Angkutan Kota Tangerang Si Banteng Tambah Rute Trayek

Profesor ilmu makanan dan nutrisi di Michigan State University, Robin M Tucker menjelaskan bahwa, beberapa orang mencerna kafein lebih lambat daripada yang lain.

Itu sebabnya, Tucker tak merekomendasikan zat tersebut hingga empat jam sebelum tidur.

Berikutnya yang menjadi penyebab tubuh tetap merasa lelah meski bangun di pagi hari adalah gangguan tidur seperti insomnia dan sleep apnea obstruktif. Kedua hal itu, biasanya mengganggu kualitas tidur. Orang dengan sleep apnea khususnya cenderung merasa lelah bahkan setelah tidur semalaman.

Tanda-tanda utama sleep apnea adalah mendengkur berat dan kantuk di siang hari. Anda perlu melakukan tes tidur untuk mendiagnosa sleep apnea.

Yang terakhir adalah stres. Stres dan depresi merupakan salah satu penyebab utama badan merasa kelelahan meskipun setelah tidur yang cukup. Saat badan tertidur, otak masih akan terus berpikir sehingga tubuh ikut merasa lelah.

Baca Juga :  Hari AIDS Sedunia, Angkat Tema EQUALIZE

Meskipun seseorang terlihat bisa tertidur nyenyak, namun bisa saja ia tidak mendapatkan tidur berkualitas yang akan membuatnya lelah saat bangun.

Itulah beberapa penyebab tubuh kita masih merasa lelah, meski telah tidur semalaman. Gadget atau paparan blue light menjadi penyebab hilangnya kebugaran tubuh saat bangun di pagi hari. Baiknya kita bijak dalam menggunakan perangkat elektronik layaknya handphone dan komputer, saat hendak beristirahat di malam hari.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
SUMBERPMJNews
RELATED ARTICLES

Populer