Minggu, Juni 16, 2024

Enam Kasus Gagal Ginjal Pada Anak Tercatat di Kota Tangerang

POSRAKYAT.ID – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang Dini Anggraeni mencatat, terdapat enam kasus gagal ginjal akut pada anak.

Dini menegaskan, pihaknya telah menyiapkan beberapa penanganan terhadap kasus tersebut.

“Kasus gagal ginjal akut ini sudah masuk di Kota Tangerang. Awalnya, ada empat kasus, sudah bertambah dua kasus,” kata Dini, ditulis Kamis 27 Oktober 2022.

Empat anak meninggal dunia, satu anak sudah pulang, dan satu anak sekarang masih dalam kondisi perawatan,” tambahnya.

Dini menjelaskan, untuk menangani dan mencegah kenaikan kasus gagal ginjal akut ini dengan sosialisasi langsung ke organisasi profesi, dan melakukan pengawasan peredaran obat sirup.

“Dari surat edaran pertama Kementerian Kesehatan, kami langsung menginstruksikan untuk menghentikan sementara penjualan obat sirup dan untuk tidak meresepkan obat sirup,” jelas Dini.

Baca Juga :  Puluhan Pohon Sukun Ditanam PDI Perjuangan di Tangerang

Kami juga melakukan sosialisasi ke organisasi profesi seperti Ikatan Apoteker Indonesia, IDI, dan sebagainya,” sambungnya.

Selain itu, Dinkes juga sudah menetapkan beberapa rumah sakit, sebagai rumah sakit khusus, jika sewaktu-waktu kasus meningkat.

“Kami sudah memberikan surat edaran ke seluruh rumah sakit di Kota Tangerang,” terangnya.

Kami juga menetapkan rumah sakit khusus yaitu RSUD Kota Tangerang, RSUP Sitanala, RS EMC, RS Sari Asih Karawaci, dan RS Primaya,” lanjut Dini.

Dengan adanya kasus ini, Dini mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang untuk jangan panik.

“Kepada semua orang tua, masyarakat Kota Tangerang untuk jangan panik. Jika, anak ada gejala demam pastikan dulu suhunya berapa, tidak sembarangan memberikan obat-obatan, memperhatikan dosis obat yang diberikan,” pungka Dini.

Baca Juga :  Sinergi dengan LPEI, Bea Cukai Banten Asistensi UKM Binaan
Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer