Minggu, Juni 23, 2024

Gandeng Kementerian ESDM dan GBPN, Pemkot Tangsel Ingin Bangunan Nol Emisi

POS RAKYAT – Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menyatakan, pihaknya tengah memulai kerjasama dengan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Global Building Performance Network (GBPN), guna menciptakan bangunan dengan nol emisi (Net Zero Emissions).

Benyamin mengatakan, program ini sangat relevan dan penting untuk Kota Tangsel, karena dapat memberikan arah kebijakan yang tepat dalam melakukan penghematan energi dari bangunan.

Menurutnya, hal ini penting dilakukan karena Tangsel merupakan kota yang berkembang pesat dan memiliki banyak proyek bangunan baru.

Dengan naiknya harga energi, penghematan energi menjadi solusi yang sangat penting dilakukan. Selain itu, upaya efisiensi energi ini dapat mengurangi pemanasan global dan dampak negatif perubahan iklim.

Baca Juga :  BPBD Tangsel Rilis Orang Tenggelam di Ciputat, Diduga Karena Sendal

“Jika biaya energi dapat dihemat, maka akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Tangerang Selatan,” ujarnya. Rabu 31 Agustus 2022.

“Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel berkomitmen untuk menjalankan proyek percontohan ini sebaik mungkin. dan mendukung upaya pengumpulan data, serta memfasilitasi berbagai workshop dan konsultasi public sampai tersusunnya Peta Jalan ini.” tambahnya.

Pihaknya berharap, kolaborasi ini akan mendorong momentum transisi kota yang lebih berkomitmen mengurangi emisi karbon dari sektor bangunan.

Proyek percontohan ini akan menjadikan Pemerintah Kota Tangsel sebagai model untuk kota-kota lain di Indonesia, menginisasi perubahan pada tingkat daerah melalui pengembangan peta jalan efisiensi energi untuk bangunan di tingkat kota.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer