Sabtu, Juni 22, 2024

Dinkes Kabupaten Tangerang Antisipasi Penyebaran Cacar Monyet

POS RAKYAT – Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang Sumihar Sihaloho menyatakan, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi penyebaran cacar monyet.

Pihaknya meminta agar tenaga kesehatan meningkatkan kewaspadaan terhadap kemunculan kasus tersebut di Kabupaten Tangerang.

“Meningkatkan kewaspadaan dengan upaya Early Surveilans, serta membuat surat edaran untuk kewaspadaan ditujukan untuk Puskesmas, Rumah Sakit dan Laboratorium,” katanya kepada posrakyat.id, di Kantor Dinkes Kabupaten Tangerang, Selasa 23 Agustus 2022.

Selain itu, Sumihar juga meminta agar tenaga kesehatan selalu memantau dan melaporkan jika terdapat kasus diduga cacar monyet di lingkungan.

“Memantau dan melaporkan laporan jika ada kasus yang ditemukan sesuai dengan definisi operasional,” terangnya.

Baca Juga :  Pelebaran Jalan Bhayangkara Plus Bangun Plaza Pusdiklantas Telan 19 Miliar

Dirinya mengajak agar masyarakat mengenali cara pencegahan penularan penyakit ini. Ia mengimbau agar masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan, sesuai dengan anjuran Dinkes Kabupaten Tangerang.

Serta menghindari kontak dengan penderita dan barang-barang penderita seperti pakaian, handuk, tempat tidur, alat makan dan tidak lupa agar selalu mencuci tangan menggunakan sabun.

“Membatasi kontak dengan penderita, dan melakukan isolasi jika terinfeksi bisa dilakukan secara mandiri ataupun di fasilitas pelayanan kesehatan,” pungkasnya.

Iklan - Scroll kebawah untuk melanjutkanspot_img
RELATED ARTICLES

Populer